Halaman

Sabtu, 25 Februari 2012

SKL

SKL MTK

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

2.  MATEMATIKA  SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya.
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan FPB atau KPK-nya.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua.
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga.
2.
Memahami konsep ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volum.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3.
Memahami konsep, sifat dan unsur-
unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.


NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4.
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
5.
Memahami konsep pengumpulan
data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari
data yang disajikan.


 SKL B.INDONESIA

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

1.  BAHASA INDONESIA SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
menentukan ide pokok salah satu paragraf
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat
petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat
menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
menentukan tokoh utama
menentukan latar
menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa
dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
menentukan makna yang terkait di dalamnya
mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
membuat pernyataan sesuai isi jadwal
menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal


NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
menentukan isinya
memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
menentukan ringkasannya
menentukan temanya
menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
menentukan parafrase yang tepat
menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat
melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
melengkapi dengan kalimat yang tepat
memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.


 SKL IPA SD

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

3.  ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)  SD/MI


NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
1,Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
2.Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
3.Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
4.Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan langka
2.
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
5.Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya
6.Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
7.Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
3.
Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
8.Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
9.Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu
10.Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar rantai makanan
4.
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
11.Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
12.Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
5.
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
13.Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
14.Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
15.Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
16.Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
17.Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
18.Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
19.Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
20.Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
6.
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
21.Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
22.Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu


NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


23.Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
24.Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
7.
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
25.Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
26.Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda
27.Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
28.Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
29.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
30.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
31.Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
32.Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
8.
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
33.Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
34.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam
35.Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
36.Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
9.
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
37.Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata sur

a
38.Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
39.Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
40.Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.