KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
2. MATEMATIKA
SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep
dan operasi
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan
dan pengurangan pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian
berbagai bentuk pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan
urutan berbagai bentuk
pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya.
|
||
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan
FPB atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung penjumlahan
atau pengurangan bilangan pangkat dua.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep
ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda
atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volum.
|
||
Siswa dapat menentukan
penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep,
sifat dan unsur-
unsur bangun geometri dapat menghitung
besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan
hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang
yang disajikan (titik sudut, sisi,
atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan
satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Siswa dapat menentukan
jaring-jaring suatu bangun
ruang.
|
||
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
|
||
Siswa dapat menentukan
luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan
luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
|
||
Siswa dapat menentukan
volume prisma segitiga dari
suatu gambar
yang ukurannya diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan
volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep
koordinat untuk
menentukan
letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan
koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Memahami konsep
pengumpulan
data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata
serta menerapkan dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak,
terendah selisih, dll).
|
Siswa dapat menentukan
banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase
atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan
diagram batang dari data yang
disajikan dalam
bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan
salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam
bentuk diagram batang atau
lingkaran.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel
(banyak data kurang dari 20
data).
|
||
Siswa dapat menghitung
nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram
batang.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai modus dari data yang
disajikan dalam
bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai tertinggi atau terendah dari
data yang disajikan.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA
SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan
drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa
dapat:
• menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi
salah satu paragraf
• menentukan ide
pokok salah satu paragraf
• menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah
satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan obat yang
terdapat
petunjuk pemakaiannya, siswa
dapat menjelaskan penggunaan obat
sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan
dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa
dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan
pengumuman, siswa dapat
menentukan
isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan
tokoh utama
• menentukan
latar
• menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas
4 kalimat, siswa
dapat menentukan kalimat
utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan
salah satu kata sulit dalam
kalimat.
• Menentukan
antonim salah satu kata yang
terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan
peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat
pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan
kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan cuplikan
cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan
isinya
• memperbaiki
kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa
dapat
menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan teks
satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan
ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan
parafrase yang tepat
• menentukan makna kata
pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk karangan sederhana,
petunjuk pemakaian, surat, pengumuman,
dialog, formulir, teks pidato,
laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang
diacak,
siswa dapat mengurutkan
sehingga menjadi sebuah petunjuk
yang runtut.
|
• Disajikan empat
kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
• Disajikan dua
kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang
tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan
tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang
belum lengkap,
siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir
dan data isian, siswa dapat
melengkapi formulir
sesuai dengan data yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
• melengkapi
dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki
kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang
yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan
laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
|
||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud
gambar.
|
||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN
NASIONAL SD/MI
3. ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat
tumbuhan dan hewan bagi manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
1,Siswa dapat menjelaskan
fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan
tertentu
|
2.Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan
dalam satu
kelompok, siswa
dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
3.Siswa dapat menjelaskan
manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
|
||
4.Siswa dapat menjelaskan
tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan
langka
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan
|
5.Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan
cara perkembangbiakannya
|
6.Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
|
||
7.Siswa dapat mengidentifikasi
daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling
ketergantungan
antarmakhluk hidup
|
8.Siswa dapat menjelaskan
contoh hubungan antar
makhluk
hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
9.Siswa dapat menentukan
rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
||
10.Siswa dapat menentukan
peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar
rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian
diri pada
makhluk
hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
11.Siswa dapat menjelaskan
pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan
lingkungan
|
12.Siswa dapat menjelaskan
tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan
tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh
manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya,
serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
13.Siswa dapat menjelaskan
fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
|
14.Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
15.Siswa dapat menjelaskan
proses yang terjadi pada salah
satu bagian
alat pernafasan berdasarkan gambar
|
||
16.Disajikan gambar alat pencernaan manusia,
siswa dapat
menjelaskan
proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh
bagian yang ditunjuk
|
||
17.Siswa dapat menentukan
urutan aliran darah pada salah
satu sistem
peredaran darah manusia
berdasarkan gambar
|
||
18.Siswa dapat menentukan
bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
|
||
19.Siswa dapat menjelaskan
fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
20.Siswa dapat menjelaskan
cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat
penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta
pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
21.Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan
jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
22.Siswa dapat menyebutkan
sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
23.Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
||
24.Siswa dapat menjelaskan
contoh jenis perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami hubungan
antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
|
25.Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan
jenis gaya yang dimanfaatkan
|
26.Disajikan pernyataan/gambar,
siswa dapat
mengidentifikasi
gaya dapat mengubah gerak/bentuk
suatu benda
|
||
27.Disajikan gambar/ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
28.Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
29.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya
dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
30.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
|
||
31.Siswa dapat menyebutkan
contoh energi alternatif
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
32.Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan
lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya
bagi kehidupan.
|
33.Siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
|
34.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat
salah satu jenis sumber daya alam
|
||
35.Siswa dapat menyebutkan
salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah
permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
36.Siswa dapat mengelompokkan
jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat
diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
|
37.Menentukan nama
planet/ciri-ciri planet dalam tata sur
a
|
38.Siswa dapat menjelaskan
akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
|
||
39.Siswa dapat mengidentifikasi
gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan
atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan.
|
||
40.Siswa dapat menjelaskan
dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.
|